Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Program Upland, Kementan Modernisasi Alsintan untuk Tingkatkan Produksi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 18 Desember 2023, 18:53 WIB
Lewat Program Upland, Kementan Modernisasi Alsintan untuk Tingkatkan Produksi
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman/Net
rmol news logo Program Upland Kementerian Pertanian terus mendorong modernisasi alat dan mesin pertanian (alsintan) pada sektor pertanian dataran tinggi.

Penggunaan alsintan yang lebih modern, kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dapat membuat efisiensi kerja, intensitas pertanaman, dan biaya produksi yang rendah.

"Kebijakan modernisasi alat pertanian dan kepastian kemajuan ekonomi di bidang pertanian menjadi salah satu syarat yang tidak bisa diindahkan," kata Amran dalam keterangannya, Senin (18/12).

Kata Amran, transformasi pertanian di bidang pertanian selain dapat meningkatkan produksi pertanian, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi karena mampu menyerap tenaga kerja yang lebih merata.

"Jika modernisasi terjadi di wajah pertanian akan semakin banyak masyarakat menggeluti pertanian dan pemerataan ekonomi di tengah masyarakat akan semakin meningkat," jelasnya.

Alsintan yang telah digelontorkan ke kelompok tani di 13 daerah binaan UPLAND dibagi menjadi beberapa kelompok.

Alsintan pra panen berjumlah 3.989 unit, alsintan pasca panen 207 unit, transportasi pertanian 113 unit dan gudang penampungan hasil pertanian 116 unit.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA