Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Tegaskan soal Penguatan Koperasi sebagai Pilar Pembangunan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 18 Desember 2023, 17:21 WIB
Prabowo Tegaskan soal Penguatan Koperasi sebagai Pilar Pembangunan Indonesia
Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto/RMOL
rmol news logo Calon presiden nomor urut 2 sekaligus Ketua Dewan Pembina Induk Koperasi Unit Desa (Inkud), Prabowo Subianto, menegaskan pentingnya penguatan koperasi sebagai pilar pembangunan di Indonesia. Dalam seminar nasional koperasi Mitra Digital Sejahtera (MDS Coop) di Desa Cinangka, Purwakarta, Sabtu (16/12), Prabowo menekankan perlunya memperkuat dan mengembangkan koperasi.

Berasal dari keluarga pelopor gerakan koperasi di Indonesia, Prabowo pun berkomitmen penuh dengan menciptakan Koperasi Garuda Nusantara yang telah mendirikan 20 ribu warung di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan kredit mikro kepada rakyat, mendukung usaha kecil dan menengah.

"Koperasi yang saya dirikan sendiri adalah Koperasi Garuda Nusantara. Dan kita sekarang juga sudah punya 20 ribu warung di seluruh Indonesia dan terus kita akan beri kredit mikro untuk rakyat kita," ucap Prabowo, melalui keterangannya, Senin (18/12).

Dirinya juga mengajak MDS Coop dan Inkud untuk bersinergi mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia, mengawali gerakan kebangkitan koperasi modern di tingkat nasional hingga Asia Tenggara. Ia berharap Inkud dapat lebih aktif dan tidak "tidur", guna menghidupkan kembali semangat koperasi.

Menurut Prabowo, keputusan yang tepat dapat mengubah Indonesia menjadi negara yang makmur.

"Karena itu, kami, saya dan tim saya Prabowo dengan Gibran, dan tim Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari sembilan parpol dan banyak kelompok relawan, akan melanjutkan semua program Pak Jokowi. Karena program beliau membela rakyat kecil, dan membangun Indonesia tidak tanggung-tanggung," sambung dia.

Prabowo membagikan buku kepada anggota koperasi MDS, yang sebagian besar terdiri dari ibu-ibu dan perempuan muda, sebagai cinderamata. Buku tersebut menekankan rencananya untuk memperbesar skala dan penguatan koperasi di Indonesia, termasuk MDS, dan menghilangkan kemiskinan.

Sebagai wujud komitmennya dalam kemajuan komunitas koperasi, Prabowo pun memberikan bantuan modal. Ia telah memutuskan untuk menanamkan modal Rp15 miliar ke MDS, dengan bunga serendah mungkin, sebagai bentuk nyata dukungan besarnya terhadap komunitas koperasi.

Acara ini menandai langkah signifikan dalam pengembangan koperasi di Indonesia, di mana Prabowo menempatkan dirinya sebagai pemimpin yang ingin secara aktif terlibat dalam kemajuan ekonomi rakyat melalui penguatan koperasi.

Ketua Dewan Pembina Koperasi MDS Puji Prabowo

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Koperasi MDS Coop, Rini Soemarno, menyatakan dukungannya untuk calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, dalam Pemilu Presiden 2024. Menurutnya, Prabowo adalah satu-satunya calon presiden yang memiliki visi-misi yang jelas terkait dengan koperasi dan pembiayaan ultramikro.

"Anggota MDS yang sekarang lebih dari 40 ribu di seluruh Indonesia. Kami tentu ingin memilih pemimpin yang mempunyai visi yang jelas mengenai koperasi, mengenai pembiayaan ultramikro," kata Rini kepada wartawan di Desa Cinangka, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (16/12).

Rini, yang merupakan Menteri BUMN periode 2014-2019, akan meminta semua anggota Koperasi MDS untuk mendukung dan memilih Prabowo dan cawapres Gibran Rakabuming Raka, pada 14 Februari 2024. Dia yakin bahwa Indonesia akan menjadi lebih maju dan sejahtera jika dipimpin oleh Prabowo dan Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029.

Selain memberikan dukungan, Rini juga mengangkat Prabowo sebagai anggota Dewan Kehormatan Koperasi Mekar Digital Sejahtera (MDS Coop).

Prabowo mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ini dan merasa terharu karena memiliki latar belakang keluarga yang berhubungan dengan koperasi. Dia juga memastikan Inkud dan MDS akan bekerja sama untuk memajukan ekonomi masyarakat yang membutuhkan pembiayaan ultra mikro di masa depan. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA