Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Anak Muda Balikpapan, Gibran Ajak Kembangkan Industri Kreatif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 16 Desember 2023, 23:58 WIB
Kunjungi Anak Muda Balikpapan, Gibran Ajak Kembangkan Industri Kreatif
Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka saat berdialog dengan anal muda Balikpapan, Sabtu (16/12)/Istimewa
rmol news logo Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengajak generasi muda di Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk terus mengembangkan kreativitas. Gibran ingin Balikpapan seperti Solo yang semakin maju berkat peran industri kreatif dalam pembangunannya.

Pesan tersebut disampaikan Gibran saat berdialog dengan sejumlah anak muda dari berbagai komunitas di Balikpapan, Sabtu (16/12). Seperti komunitas kesenian dan budaya, start-up, pemain game, petani, dan pengusaha.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu menuturkan, perkembangan Kota Solo salah satunya karena sering mengadakan berbagai acara dan mendukung pertumbuhan industri kreatif.

“Solo hidup dari event. Di Solo ada street performer. Kami menyediakan tempat untuk pertunjukan kesenian. Solo hidup dari musik, tari, ketoprak, wayang orang. Kami juga mengundang band,” tutur Gibran.

Gibran juga menjelaskan bahwa di Solo terdapat Lokananta, sebuah studio rekaman yang dulunya kurang produktif. Namun, saat Gibran menjabat sebagai Walikota, ia melakukan perbaikan yang signifikan.

“Di sini banyak vinyl legend,” tambahnya.

Selain itu, Gibran menjalin kerja sama dengan Keraton Mangkunegara untuk meningkatkan pariwisata di Solo. Salah satu upayanya adalah menciptakan acara Parade Prajurit Keraton.

Tak hanya itu, Gibran juga menyebut bahwa Solo telah meningkatkan berbagai acara olahraga. Seperti baru-baru ini, FIFA memilih Solo sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U17 2023. Sebelumnya, Solo juga menjadi tuan rumah Asian Paragames.

Disampaikan Gibran, Solo memiliki kalender acara yang padat selama setahun. Dia percaya bahwa fleksibilitas dan kreativitas anak muda sangat penting bagi sebuah kota yang ingin berkembang sebagai pusat kreativitas.

Sementara itu, salah satu peserta dalam dialog tersebut, Andrie Afrizal, merasa senang bisa mendengar pengalaman dan cerita Gibran dalam membangun Kota Solo. Dia berharap, jika Gibran memimpin negara ini, masalah yang dihadapi oleh anak muda bisa mendapat solusi yang baik.

Andrie menambahkan, peserta dialog dengan Gibran juga memberikan dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Mereka melihat bahwa pembangunan IKN memiliki dampak positif bagi kota-kota di Kalimantan, dan mereka secara bersama-sama mendukung program pemerintah untuk pembangunan tersebut.

Sosok yang Peduli Anak Muda

Sementara dalam diskusi yang diadakan di Jakarta, Sekretaris Jenderal Jaringan Nasional Go Gibran, Azwar Muhammad, menyatakan keyakinannya bahwa cawapres Gibran Rakabuming Raka dapat menjadi perwakilan yang efektif untuk memperjuangkan kepentingan generasi muda di Indonesia.

Azwar menggarisbawahi perubahan dalam harapan dan aspirasi anak muda saat ini, serta perlunya calon presiden dan wakil presiden merumuskan program-program yang berdampak langsung pada generasi ini.

Dia juga menekankan pentingnya memberikan ruang bagi perkembangan generasi muda, mengingat bonus demografi akan terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Azwar juga mengapresiasi prestasi Gibran dalam mengubah perekonomian Kota Solo dan pertumbuhan ekonomi yang signifikan di sana.

Di samping itu, politikus muda Adi Baiquni dari Partai Golkar mengajak generasi muda untuk bersatu dan berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024, dengan melihat Gibran sebagai simbol peran anak muda dalam pemerintahan eksekutif.

Sebab, semua pihak sepakat bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam masa depan Indonesia. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA