Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TKN: Program Makan Siang Gratis Sudah Berhasil Diterapkan di India Hingga AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 11 Desember 2023, 15:58 WIB
TKN: Program Makan Siang Gratis Sudah Berhasil Diterapkan di India Hingga AS
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka/RMOL
rmol news logo Program makan siang gratis yang dicanangkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, nyatanya sudah berhasil dilaksanakan di beberapa negara.

Jurubicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hamdan Hamedan, mengatakan program makan siang gratis untuk siswa sukses dilakukan di India dan Sudan, juga Amerika Serikat.

"Dikenal sebagai School Meal Program, inisiatif ini telah menjadi andalan di banyak negara," ujar Hamdan Hamedan kepada wartawan, Senin (11/12).

Hamdan mengatakan, program makan siang gratis itu juga telah terbukti menekan angka bolos sekolah pada siswa.

"Program ini terbukti tak hanya meningkatkan kehadiran dan mengurangi angka bolos/putus sekolah, tapi juga meningkatkan kesehatan dan prestasi akademis murid, serta mengurangi beban ekonomi keluarga," jelasnya.

Hamdan menyebutkan, sebuah penelitian berjudul "Makan di Sekolah dan Pencapaian Pendidikan: Bukti dari Program Makan Siang di India" yang menemukan bahwa murid yang mendapatkan makan siang selama 5 tahun memiliki skor bacaan 18 persen lebih tinggi daripada mereka yang kurang dari 1 tahun. Untuk matematika, ada peningkatan sekitar 9 persen.

Data yang dikumpulkan dalam riset itu berasal dari 600 distrik pedesaan di India, melibatkan lebih dari 200.000 keluarga di India.

"Studi ini penting karena merupakan studi yang terpanjang dan terbesar mengenai dampak makan siang terhadap siswa sekolah dasar," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA