Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serap Lulusan SMK, Gibran Janji Kolaborasi dengan Dunia Industri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 08 Desember 2023, 18:16 WIB
Serap Lulusan SMK, Gibran Janji Kolaborasi dengan Dunia Industri
Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka/RMOL
rmol news logo Masalah pengangguran yang didominasi lulusan SMK jadi perhatian Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

Walikota Solo itu memberikan solusi agar tingkat pengangguran lulusan SMK tidak meningkat dengan cara kolaborasi antara SMK dengan dunia industri.

"Mendampingi dan meng-upgrade tenaga pengajar serta alat-alat pembelajarannya. Jadi dari SMK dan kebutuhan industrinya bisa sama-sama match," kata Gibran dalam keterangannya, Jumat (8/12).

Putra sulung Presiden Joko Widodo ini lantas menyontohkan Kota Solo.  Sebagai walikota, dia sudah menerapkan beberapa SMK untuk melakukan kerja sama dengan para donatur di dunia industri.

“Untuk SMK fokus ke coding programing dan pihaknya perbaharui semua komputer sekolah SMK. Ada juga yang fokus ke food n beverage (FnB) jadi alat-alat masaknya, alat-alat kitchen equipment telah diperbaharui,” beber Gibran.

"Jadi sudah lulus siap kerja, ini nanti tidak akan lagi menyusahkan anak-anak SMK itu sendiri,  jadi anak-anak SMK itu benar-benar bisa menjawab tantangan zaman. Jadi ketika lulus SMK, dia langsung diserap industri jadi tidak perlu lagi nanti sudah selesai SMK tapi karena yang dipelajari di SMK nya tidak up to date dia misalnya harus kursus lagi," jelasnya.

Ke depan,  jika diamanatkan dan dipercaya menjadi Wapres terpilih, Gibran ingin memastikan solusi ini akan diterapkan secara tahap demi tahap sehingga masalah pengangguran bisa terselesaikan.

"Kita akan kerjasamakan dengan swasta karena kebutuhan industri yang mengerti yang pelaku industri itu sendiri, gurunya kita upgrade, alat-alatnya kita upgrade, jangan sampai ada ketimpangan antara SMK dan industri," demikian Gibran.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA