Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

50 Tahun Hubungan Indonesia-Korsel, Menko Airlangga Tekankan Kerja Sama Ekonomi Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 30 November 2023, 19:00 WIB
50 Tahun Hubungan Indonesia-Korsel, Menko Airlangga Tekankan Kerja Sama Ekonomi Digital
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara memperingati 50 tahun hubungan Bilateral Indonesia-Korsel di Jakarta, Kamis (30/11)/Ist
rmol news logo Kolaborasi sektor ekonomi kreatif dan digital menjadi fokus yang diekankan dalam hubungan bilateral Indonesia-Korea Selatan yang telah menginjak usia ke-50 tahun.

Hingga September 2023, total perdagangan kedua negara tercatat mencapai 15,7 miliar dolar AS. Korea Selatan juga merupakan negara asal investasi terbesar ke-7 di tahun 2022 dengan nilai total sebesar 2,2 miliar dolar AS, terdiri dari 2.907 proyek.

Sementara untuk tahun 2023 hingga bulan September, telah mencapai 1,9 miliar dolar AS serta mencakup 5.215 proyek.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, diplomasi ekonomi kedua negara juga semakin kuat dijalankan, salah satunya melalui Joint Committee on Economic Cooperation (JCEC).

"JCEC berfokus pada sektor perdagangan dan investasi, industri, energi dan sumber daya mineral, dan ekonomi digital,” kata Airlangga dalam acara memperingati 50 tahun hubungan Bilateral Indonesia-Korsel di Jakarta, Kamis (30/11).

Secara spesifik, kerja sama bidang ekonomi digital Indonesia-Korsel mencakup pembentukan sistem pertukaran informasi perdagangan secara digital, penguatan perlindungan hak kekayaan intelektual di era digital, kerja sama fasilitasi perdagangan digital, pengembangan center of excellence untuk start-up digital, serta perluasan pasar UMKM unggulan Indonesia melalui pemanfaatan platform e-commerce Korea Selatan.

Dengan jumlah pengguna internet mencapai 212,9 juta dan penetrasi internet mencapai 77 persen, Indonesia juga terus mendorong perluasan pembangunan infrastruktur digital lain untuk mendorong konektivitas antar wilayah di Indonesia.

Seperti halnya pembangunan jaringan Palapa Ring sepanjang lebih dari 12.000 km, penambahan pembangunan menara BTS di lebih dari 8.000 titik, perluasan layanan 4G serta pengadaan 5G, pemanfaatan satelit multifungsi Satria di lebih dari 150.000 lokasi daerah 3T.

Untuk memperkuat ekosistem ekonomi digital, Indonesia akan terus menjalin kerja sama internasional dengan negara mitra yang memiliki keunggulan inovasi digital seperti Korea Selatan.

"Kerja sama dengan platform e-commerce Korea Selatan kami yakini akan semakin meningkatkan daya saing UMKM Indonesia dalam tataran global dan menguntungkan kedua negara,” tegas Airlangga. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA