Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Prakerja Awal Baik Wujudkan Indonesia Emas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 23 November 2023, 21:18 WIB
Menko Airlangga: Prakerja Awal Baik Wujudkan Indonesia Emas
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Program Prakerja yang sebelumnya dikenal dengan Kartu Prakerja terbukti menjadi awal yang baik dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Prakerja terbukti sebagai initial effort berskala besar, menggunakan mekanisme pasar, dan inklusif," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dalam acara diseminasi riset Prakerja bertema 'Continuous Improvement, Evidence-driven Decision Making', di Jakarta, Kamis (23/11).

Sejauh ini, pemerintah telah menjalankan Prakerja dengan kolaborasi bersama sejumlah pihak, termasuk dengan swasta.

Pemerintah telah mendirikan digital center di KEK Nongsa Batam serta Apple Academy. Lalu ada program Kampus Merdeka yang salah satunya bekerja sama dengan IBM Academy yang menawarkan kelas pembelajaran untuk Hybrid Cloud dan Artificial Intelligence (AI).

“Pemerintah juga sudah mengeluarkan super deduction tax, karena kami tidak bisa bergerak sendiri, melainkan perlu kerja sama dengan swasta,” ujar Menko Airlangga.

Airlangga melanjutkan, Prakerja merupakan eksperimen yang berhasil menjawab tiga poin utama terkait kebijakan Pemerintah dalam mempersiapkan skill masa depan angkatan kerja Indonesia.

Pertama, skill-first policies, yaitu fokus pada keterampilan bukan gelar atau degree. Kedua, mendukung cara kerja hybrid (kombinasi WFO dan WFH), dan terakhir mengembangkan keterampilan Artificial Intelligence (AI).

Di sisi lain, Airlangga menceritakan perjalanan awal Kartu Prakerja yang dimulai tanpa definisi, hanya berdasar kepada penugasan Presiden untuk membuat program pelatihan untuk jutaan orang secara daring.

Sehingga, harus dibuat startup Kartu Prakerja dari awal. Namun, progres Program Kartu Prakerja terkendala karena ada pandemi Covid-19 sehingga programnya diubah menjadi semi-bansos.

“PMO Kartu Prakerja adalah yang pertama kali bersifat digital secara servisnya. Selain itu, champion itu penting yakni orang bisa menjaga program ini berjalan. Ini selalu dilakukan Pemerintah," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA