Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Staf Ahli Wapres Desak Intervensi Pejabat di Pileg Pandeglang Diusut Tuntas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 20 November 2023, 22:21 WIB
Staf Ahli Wapres Desak Intervensi Pejabat di Pileg Pandeglang Diusut Tuntas
Stafsus Wapres, yang juga caleg Dapil Banten I, Arif Rahman/
rmol news logo Beredarnya voice note (VN) ancaman kepada warga di Pandeglang diputus bantuannya jika tidak memilih calon legislatif (caleg) tertentu harus diusut tuntas.

Staf ahli Wapres Maruf Amin, Arif Rahman mengecam praktik intervensi dan ancaman kepada warga ini, karena merusak demokrasi.

“Praktik ini tidak dibenarkan, apalagi mengarahkan sampai mengancam warga dengan ingin mencopot bantuan,” kata Arif saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Senin malam (20/11).

Menurut Arif yang juga menjadi calon legislatif dapil Banten I Lebak-Pandeglang dari Partai Nasdem ini, bantuan merupakan hak warga yang merupakan program dari pemerintah.

“Nah itu jangan dipakai untuk kepentingan-kepentingan menjadi anggota legislatif. Apalagi sampai mengarahkan. Secara etika tidak boleh, apalagi secara hukum,” kecam Arif.

Arif yang juga Sekjen Pemuda Pancasila itu mengatakan, praktik tersebut tentu merugikan calon legislatif (caleg) lain termasuk dirinya yang berkontestasi merebut hati rakyat dengan fair.

Oleh karena itu, Arif meminta agar penyelenggara pemilu, khususnya Bawaslu menuntaskan kasus ini, sebab nama yang disebut dalam voice note merupakan anak dari Bupati Pandeglang Irna Nurlita.

“Karena ini berkaitan dengan putra dan putri dari penguasa daerah, dari Bupati (Pandeglang) bu Irna dan suaminya Dimyati yang saat ini caleg juga,” beber Arif.

“Supaya tidak menjadi tuduhan, makanya Bawaslu harus bergerak cepat menuntaskan kasus ini,” kata Arif lagi.

Sebelumya, voice note yang disebut merupakan suara salah satu kepala desa melalui WhatsApp berisi ancaman penghapusan bantuan bagi warga yang berbeda pilihan caleg beredar di Pandeglang. Bawaslu Pandeglang pun menelusuri kebenaran VN tersebut.

"Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh, kami umumkan ke RT/RW apabila ada masyarakat memasukkan partai lain daripada Partai Demokrat. Kami mohon kalau masyarakat memasukkan partai yang menyamai daripada Rizki sama Iing kami harap catat namanya," kata seorang pria dalam VN tersebut, Senin (20/11).

Pada Pemilu 2024, caleg di dapil Banten I masih ada petahana dan pendatang baru. Adapun anak Bupati Irna Nurlita yang juga turut nyaleg, mereka ialah Rizki Aulia Rahman Natakusumah (Demokrat) dan Risya Azzahra Rahimah (PKB), sementara suami Irna, Dimyati maju nyaleg lewat PKS. rmol news logo article


EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA