Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Golkar: Kalaupun Ada Kenaikan Biaya Haji, Tidak Boleh Lebih 3 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 20 November 2023, 13:56 WIB
Golkar: Kalaupun Ada Kenaikan Biaya Haji, Tidak Boleh Lebih 3 Persen
Ilustrasi haji/Net
rmol news logo Fraksi Partai Golkar di Komisi VIII DPR RI tengah memperjuangkan agar biaya haji tahun 1445H/2024M tidak membebani para jemaah.

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, John Kennedy Aziz, mengatakan, pihaknya akan berjuang agar biaya haji tidak naik lebih dari 3 persen di tahun depan.

"Biaya haji tidak seharusnya naik, saya akan berjuang keras untuk tidak naik, kalau pun harus naik tidak lebih dari 3 persen dari biaya haji tahun 2023," ujar John kepada wartawan, Senin (20/11).

Menurutnya, kenaikan biaya haji tidak seharusnya 15 persen seperti yang diusulkan Kementerian Agama menjadi total Rp105 juta.

Pasalnya, nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS mengalami fluktuasi. Maka dari itu, seharusnya biaya haji tidak melonjak tajam.

"Itu karena implikasi kenaikan nilai tukar Dolar AS terhadap rupiah," tutupnya.

Kementerian Agama mengusulkan biaya haji tahun 1445H/2024M sebesar Rp105 juta dengan perbandingan 70 persen ditanggung jemaah 30 persen ditanggung nilai manfaat dari BIPIH.

Mayoritas fraksi di Komisi VIII dalam Panitia Kerja (Panja) biaya haji 2024, tidak sepakat dengan kenaikan tersebut lantaran dinilai memberatkan para jemaah.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA