Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Didampingi Mendag Zulhas, Presiden Jokowi dan Joe Biden Sepakati Kemitraan Strategis Komprehensif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 15 November 2023, 15:52 WIB
Didampingi Mendag Zulhas, Presiden Jokowi dan Joe Biden Sepakati Kemitraan Strategis Komprehensif
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat/Net
rmol news logo Indonesia dan Amerika Serikat sepakat hubungan kedua negara ditingkatkan menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif (Comprehensive Strategic Partnership/CSP).

Kesepakatan dicapai saat Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/11).

Diurai Mendag Zulhas, kemitraan strategis yang komprehensif tersebut akan mendorong kerja sama yang lebih erat di berbagai bidang. Mulai dari mempererat hubungan ekonomi kedua negara, memperkuat rantai pasok, kerja sama keamanan kawasan, upaya transisi energi dan penanggulangan krisis iklim, serta promosi budaya dan pariwisata.

“Melihat berbagai perkembangan global saat ini dan di masa yang akan datang, kedua kepala negara menegaskan pentingnya Indonesia dan AS untuk memperluas kerja sama di seluruh isu yang menjadi perhatian bersama,” tegasnya.

Selain itu, disepakati juga bahwa perdagangan Indonesia - AS akan ditingkatkan ke berbagai platform, termasuk Kerangka Persetujuan Perdagangan dan Investasi Indonesia - AS (Trade and Investment Framework/TIFA) serta Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (Indo-Pacific Economic Framework/IPEF).

Sedangkan untuk transisi energi, kedua kepala negara berkomitmen untuk mengembangkan rencana aksi terkait sektor mineral penting (critical minerals), yang memperhatikan berbagai aspek dengan pandangan untuk melakukan perundingan Persetujuan Sektor Mineral Penting (Critical Minerals Agreement) di masa yang akan datang.

“Pertemuan kedua kepala negara ini memberikan peluang yang besar untuk kita meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia-AS, sehingga momentum ini perlu kita tindak lanjuti sebaik-baiknya untuk memberikan hasil konkret bagi masyarakat Indonesia,” lanjut Mendag Zulkifli Hasan.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Ad Interim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Erick Thohir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA