Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terbukti Topang Perekonomian Nasional, Mendag Zulhas Dukung Akselerasi UMKM Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 07 November 2023, 18:56 WIB
Terbukti Topang Perekonomian Nasional, Mendag Zulhas Dukung Akselerasi UMKM Digital
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan/Ist
rmol news logo Kementerian Perdagangan siap memberikan dukungan penuh pada akselerasi ekosistem digital yang sehat bagi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Demikian disampaikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam acara temu wicara Program Akselerasi Ekosistem UMKM Digital yang diselenggarakan di Yogyakarta, Senin (6/11).

Saat ini, UMKM secara signifikan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Sekitar 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia disumbang oleh aktivitas ekonomi sekitar 65,46 juta UMKM Indonesia. Tak hanya itu, UMKM juga menyerap 117 juta pekerja atau 97 persen dari total tenaga kerja.

"Jika ekosistemnya sudah bagus, kita dukung akses kemitraan, akses digitalisasi, dan akses pembiayaan, bukan tidak mungkin produk UMKM nasional merambah pasar dunia," ujar Mendag Zulhas, sapaan karibnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (7/11).

Zulhas menyampaikan, sebagai bentuk keberpihakan pemerintah dalam melindungi UMKM, Kementerian Perdagangan menerbitkan regulasi melalui Permendag 31/2023 yang mengatur agar perdagangan digital agar berkeadilan dan produk impor tidak membanjiri pasar Indonesia.

"Perdagangan digital kita atur dan tata sehingga ekosistem bisa mendukung dan melindungi UMKM dan bukan sebaliknya," terangnya.

Walau sudah dibuat sistem yang baik, toko tradisional sebagai UMKM tetap perlu berinovasi dan terampil dalam menggunakan teknologi digital untuk pengembangan bisnis misalnya dari memperbaiki kemasan, hingga strategi pemasaran.

Untuk mendukung upaya itu, masih kata Zulhas, Kementerian Perdagangan memiliki fasilitas pelatihan ekspor yang siap memberi pendampingan terhadap UMKM yang ingin mulai menjual produknya ke luar negeri.

"Silakan manfaatkan fasilitas dari pemerintah ini, agar UMKM terus bertumbuh," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA