Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Publik Masih Percaya Kinerja Polri Jelang Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 06 November 2023, 20:59 WIB
Publik Masih Percaya Kinerja Polri Jelang Pemilu 2024
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net
rmol news logo Tingkat kepercayaan publik terhadap Polri masih cukup tinggi di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Polri menempati posisi keempat di bawah TNI, Presiden, dan Mahkamah Agung dalam survei nasional Indikator bertajuk Evaluasi Publik Atas Kinerja Kepolisian, Keamanan dan Masalah-Masalah Sosial Kemasyarakatan pada 17 sampai 21 Oktober 2023.

Pada survei tersebut, persentase kepercayaan publik kepada Polri sebesar 76,4 persen.

Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, salah satu pemicu kepercayaan publik kepada Polri adalah program kerja Kapolri Listyo Sigit seperti upaya penegakan hukum.

“Angkanya mayoritas, mencapai 70,4 persen yang menilai penegakan hukum secara umum oleh Polri sudah sangat baik,” jelas Burhanuddin dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/11).

Kondisi keamanan juga menjadi salah satu pemicu kepercayaan publik kepada Polri. Sektor ini, masyarakat yang menilai puas terhadap kinerja Polri menyentuh angka 95,9 persen.

Selain itu, survei ini juga menanyakan netralitas Polri menghadapi pemilihan umum 2024. Pada pertanyaan ini, 49,9 persen responden mengaku sudah tahu atau pernah dengar Polri melakukan persiapan keamanan pemilihan umum 2024.

Dari 9,9 persen tersebut, 84,6 persen menilai kinerja Polri baik dan sangat baik dalam persiapan menjaga keamanan Pemilu 2024.

“83,5 persen juga menilai Polri netral atau sangat netral dalam melakukan persiapan pemilihan umum 2024, tidak memihak siapa pun,” tambah Burhanuddin.

Survei tersebut dilakukan pada 17 Oktober 2023 sampai 21 Oktober 2023. Survei ini melibatkan 2.000 responden yang diwawancarai secara tatap muka. Adapun tingkat kepercayaan survei ini mencapai 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA