Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Didampingi Prabowo, Jokowi Lepas 51,5 Ton Bantuan untuk Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 04 November 2023, 09:21 WIB
Didampingi Prabowo, Jokowi Lepas 51,5 Ton Bantuan untuk Palestina
Presiden Joko Widodo sesaat sebelum melepas bantuan kemanusiaan pemerintah dan beberapa LSM, di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11)/RMOL
rmol news logo Bantuan kemanusian pemerintah Indonesia untuk warga Palestina resmi dilepas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11).

Pelepasan bantuan tersebut dilakukan Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

"Alhamdulillah, pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan," ujar Presiden Jokowi.

Adapun bantuan yang dikirim terdiri dari logistik yang dibutuhkan warga Palestina di saat krisis seperti sekarang. Bantuan seberat 51 ton dibawa menggunakan dua pesawat milik TNI Angkatan Udara model Hercules C-130.

"Ini adalah bantuan tahap pertama, dibawa 3 pesawat berisi 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza," urainya.

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan bahwa bantuan kemanusian yang dibawa akan mendarat di Bandara El-Arish Mesir, dan kemudian akan diteruskan melalui jalur Darat ke Gaza.

"Untuk bantuan selanjutnya sedang dalam proses dipersiapkan. Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah, namun juga dari masyarakat dari dunia usaha yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusian," ucapnya.

"Ada dari Baznas, IHA, PMI, Kita Bisa, dan Pemerintah, TNI, Polri yang selanjutnya kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha," demikian Jokowi menambahkan.

Selain Menhan RI dan Menlu RI, sejumlah pejabat negara turut mendampingi Presiden Jokowi melepas bantuan, di antaranya Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; dan Menteri Kesehatan, Budi Karya Sumadi.

Selain itu, turut mendampingi Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA