Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendag Zulhas: Kolaborasi Adalah Kunci Kedaulatan Industri Sawit Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 03 November 2023, 13:48 WIB
Mendag Zulhas: Kolaborasi Adalah Kunci Kedaulatan Industri Sawit Indonesia
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan/Net
rmol news logo Kolaborasi dan kerja sama merupakan kunci untuk mencapai kedaulatan kelapa sawit (CPO) Indonesia. Industri sawit yang tumbuh berkelanjutan juga dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi ribuan petani sawit.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melalui rekaman video dalam Pembukaan 19th Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) and 2024 Price Outlook yang dilaksanakan pada 1-3 November 2023 di Bali International Convention Center, Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

Kegiatan IPOC, digelar oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).

"Saya sangat berharap posisi strategis industri sawit dalam perkebunan Indonesia dapat berkelanjutan sehingga terus membuat efek pertumbuhan ekonomi dan penyerapan lapangan kerja," ujar Zulhas, sapaan karibnya, dalam keterangan tertulis, Jumat (3/11).

"Serta pembangunan di pedesaan, dan memberikan kesejahteraan kemakmuran bagi ribuan petani sawit yang berada di manapun," imbuhnya.

Menurutnya, IPOC ke-19 di Bali tahun ini sangat penting untuk para pemangku kepentingan, bersama-sama melakukan kolaborasi, baik yang di desa, di kota, sektor swasta, BUMN, pemerintah pusat, pemerintah daerah, nasional, dan internasional.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, juga menjelaskan, pemerintah telah meluncurkan perdagangan CPO melalui bursa pada Oktober 2023 lalu.

Bursa CPO Indonesia, masih kata Zulhas, diharapkan dapat menjadi pondasi sebagai acuan harga CPO yang adil, transparan, akuntabel, dan real time.

"Bursa CPO Indonesia ini sifatnya sukarela. Saya tidak ingin semua diatur oleh pemerintah. Ini untuk kepentingan saudara, silahkan dipergunakan sebaik-baiknya," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA