Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Konflik Rusia-Ukraina hingga Gaza, Prabowo Ingatkan Situasi Global di Hadapan Pimpinan TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 02 November 2023, 22:03 WIB
Konflik Rusia-Ukraina hingga Gaza, Prabowo Ingatkan Situasi Global di Hadapan Pimpinan TNI
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, di Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (2/11)/Ist
rmol news logo Konflik antar negara, baik Ukraina-Rusia maupun Palestina-Israel, sedikit banyak mempengaruhi Indonesia.

Peringatan itu disampaikan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, saat membuka 'Simposium Geopolitik dan Geostrategis Global serta Pengaruhnya terhadap Indonesia', di Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (2/11).

Prabowo memandang perlu menyampaikan situasi itu kepada sekitar seribu unsur pimpinan TNI dari tiga matra, TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

"Ini saya pandang perlu, karena perkembangan dinamika geopolitik berkembang begitu cepat. Pengaruh di satu wilayah dunia yang kelihatannya jauh dari kita, di era sekarang luar biasa pengaruhnya pada seluruh dunia," katanya.

Dia memberi bukti nyata dampak yang dirasakan dunia, salah satunya akibat perang yang terjadi di Ukraina, yakni meningkatnya harga bahan bakar minyak (BBM) dan pupuk.

"Perang di Ukraina telah membuat pupuk menjadi mahal dan langka. Kalo pupuk mahal dan langka jelas mempengaruhi produksi pangan di sebagian besar dunia. Kalau produksi pangan terpengaruh, akibatnya terjadi destabilisasi politik," tutur Prabowo.

Dia juga menyinggung perang yang terjadi di Gaza, Palestina. Menurutnya, situasi itu juga berpengaruh pada Indonesia, apalagi melihat kesamaan latar belakang agama masyarakat RI dengan warga yang terdampak di Gaza.

"Perang di Gaza berpengaruh pada kita secara langsung dan tidak langsung. Karena hampir 90 persen rakyat kita muslim, dan kejadian yang menyangkut dunia Islam pasti berpengaruh pada kondisi psikologis dan ketentraman rakyat kita," kata Prabowo.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA