Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berangkat Semobil, Giliran Prabowo-Gibran Jalani Tes Kesehatan di RSPAD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 26 Oktober 2023, 07:26 WIB
Berangkat Semobil, Giliran Prabowo-Gibran Jalani Tes Kesehatan di RSPAD
Pasangan bakal capres-cawapres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, menjalani tes kesehatan di RSPAD, Kamis (26/10)/RMOL
rmol news logo Pasangan bakal capres-cawapres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis pagi (26/10).

Keduanya tiba di RSPAD pukul 07.00 WIB dengan menumpang satu mobil. Tampak istri Gibran, Selvi Ananda, turut mendampingi.

Pasangan yang diusung 9 partai politik ini disambut langsung Ketua KPU RI Hasyim Asyari beserta komisioner lainnya. Turut menyambut Prabowo-Gibran jajaran Bawaslu RI dan tim dokter pemeriksa RSPAD.

Prabowo-Gibran tampak serasi dengan mengenakan kemeja berwarna biru dongker. Bedanya, Prabowo menggunakan lengan pendek sementara Gibran menggunakan lengan panjang.

Tes kesehatan dilakukan untuk memastikan pasangan capres dan cawapres dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani (kejiwaan). Sehingga dinyatakan layak untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan.

Seperti yang telah dilakoni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dalam tes kesehatan ini, KPU juga menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memastikan capres dan cawapres bebas dari narkoba.

Setidaknya ada 16 jenis pemeriksaan yang harus dilalui oleh setiap pasangan calon. Mulai dari Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), penyakit dalam, bedah, neurologi, kandungan (ginekologi) bagi capres dan cawapres perempuan.

Lalu wawancara psikiatri, pemeriksaan mata, THT-KL dan Audiometri nada murni, jantung dan pembuluh darah, echokardiografi, paru, radiologi toraks, Magnetic Resonance Imaging (MRI), pengambilan sampel laboratorium, USG transvaginal, dan pemeriksaan penunjang lain (atas indikasi).

Sebelumnya pada Sabtu (21/10), pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) telah menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto.

Begitu pula dengan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diberi waktu oleh KPU tes kesehatan di RSPAD pada Minggu (22/10). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA