Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemilu Semakin Dekat, Elektabilitas PAN di Jalur Positif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 20 Oktober 2023, 16:14 WIB
Pemilu Semakin Dekat, Elektabilitas PAN di Jalur Positif
Partai Amanat Nasional (PAN)/Net
rmol news logo Elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) berada dalam tren positif, seiring semakin dekatnya waktu pelaksanaan Pemilu 2024.

Hal tersebut, terekam dalam survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI). Secara Umum, tiga besar Pemilu 2024, diperkirakan tetap sama dengan Pemilu 2019, yakni PDI Perjuangan, Gerindra, dan Golkar.

"PDIP unggul 26,1 persen disusul Gerindra 14,4 persen dan Golkar 9,7 persen," ujar Peneliti LSI Djayadi Hanan dalam keterangan tertulis, Jumat (20/10).

Secara khusus, Djayadi memberikan sorotan pada elektabilitas PAN, di mana mengalami peningkatan cukup baik dalam tiga survei terakhir.

Kata dia, dalam survei periode Mei-Juni, elektabilitas PAN tercatat 1,3 persen. Kemudian naik pada April di angka 1,7 persen.

"Lalu, elektabilitas PAN meningkat dari sebelumnya 1,7 persen menjadi 4,2 persen di bulan Oktober," pungkasnya.

Survei ini dilakukan pada 2-8 Oktober 2023 terhadap 1.620 responden. Adapun populasi survei WNI berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Survei dilakukan sebelum pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden. Survei juga dilakukan sebelum putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia capres-cawapres.

Pemilihan sampel dilakukan melalui multistage random sampling. Ditetapkan margin of error ±2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA