Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dampingi Jokowi ke Tiongkok, Zulhas Ingin Pelaku Usaha Mudah Ekspor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 17 Oktober 2023, 12:00 WIB
Dampingi Jokowi ke Tiongkok, Zulhas Ingin Pelaku Usaha Mudah Ekspor
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan/Ist
rmol news logo Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mendampingi Presiden Joko Widodo kunjungan kerja ke Beijing, Tiongkok, dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Belt and Road Forum yang digelar 17-18 Oktober 2023.

"Tiongkok merupakan mitra utama Indonesia dalam perdagangan. Melalui kunjungan ke Tiongkok ini, kami harap hubungan dagang antara Indonesia dan Tiongkok dapat semakin meningkat,” ujar Zulkifli Hasan lewat keterangan resminya, Selasa (17/10).

Sosok yang akrab disapa Zulhas itu menuturkan, salah satu upaya peningkatan perdagangan yang dapat dijalankan dengan Tiongkok adalah mengatasi berbagai hambatan perdagangan.

β€œHal ini perlu dilakukan agar para pelaku usaha, khususnya usaha kecil dan menengah Indonesia, mudah mengekspor produk-produk mereka ke Tiongkok,” kata Zulhas.

Selain menghadiri KTT ke-3 Belt and Road Forum, Zulhas juga dijadwalkan mendampingi Presiden RI dalam sejumlah pertemuan bilateral. Ketua Umum PAN itu juga dijadwalkan bertemu perwakilan produsen kendaraan listrik asal Tiongkok.

Sejumlah menteri lain yang turut mendampingi Presiden Joko Widodo adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Setelah Tiongkok, Mendag Zulkifli Hasan masih akan mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Riyadh, Arab Saudi pada 18β€”20 Oktober 2023 mendatang.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA