Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Elektabilitas Paling Tinggi, PAN Masih Usul Erick Thohir Cawapres Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 09 Oktober 2023, 10:46 WIB
Elektabilitas Paling Tinggi, PAN Masih Usul Erick Thohir Cawapres Prabowo
Menteri BUMN Erick Thohir/RMOL
rmol news logo Partai Amanat Nasional (PAN) hingga saat ini masih mengusulkan nama Menteri BUMN Erick Thohir (ET) sebagai bakal cawapres untuk mendampingi bakal capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Penegasan itu disampaikan Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu, Senin (9/10).

“Saat ini PAN tetap mendukung Mas Erick Thohir untuk menajdi calon wakil Presiden Pak Prabowo,” kata Viva.

Menurut Viva, PAN mendukung ET karena dari sisi nilai elektabilitas yang telah disurvei oleh beberapa lembaga survei menunjukkan bahwa mantan bos Intermilan itu tertinggi di antara para tokoh yang digadang sebagai bakal cawapres.

“Karena konfigurasi politik saat ini nilai elektabilitas capres BETI (beda-beda tipis), maka cawapres sangat penting untuk memberikan kontribusi elektoral kepada pasangannya. Dan Mas Erick itu nilai elektabilitasnya juara, paling tinggi, kalau digabungkan dengan Pak Prabowo saya rasa akan menambah nilai elektoral,” kata Viva.

Adapun, mengenai peluang Gibran diusulkan sebagai bakal cawapres pendmaping Prabowo, Viva enggan berspekulasi mengenai hal tersebut. Sebab, hingga kini belum ada putusan resmi mengenai gugatan batas minimum usia capres-cawapres.

“Kalau soal Mas Gibran ya kita ikut pada putusan MK. Karena keputusan MK itu final dan mengikat, dan memang masih punya harapan tetapi kan terkendala oleh konstitusi dan ini menjadi hal yang baik, bahwa semua semakin banyak calon juga kan semakin baik untuk perkembangan demokrasi,” demikian Viva.

Sebelumya, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengusulkan agar Wali Kota Solo sekaligus putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Usulan tersebut diungkapkan Ketua DPC Gerindra Kota Tangerang Selatan Li Claudia Chandra seusai DPC Gerindra Tangsel melaksanakan Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) di BSD, Tangsel, Minggu kemarin (8/10).

Menanggapi usulan itu, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad yang hadir langsung di lokasi menyebut bahwa usulan Gibran menjadi cawapres Prabowo tersebut merupakan hasil resmi dari rapat DPC Gerindra Tangsel. Ia pun memastikan bahwa Gerindra pusat akan mempertimbangkan usulan yang masuk.

"Kami pikir itu adalah aspirasi dari cabang yang nanti menjadi salah satu pertimbangan dari calon presiden Partai Gerindra juga untuk menentukan wakil presiden," kata Dasco.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA