Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Gesit Manuver, PDIP Tak Lagi Berharap pada Jokowi?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 09 Oktober 2023, 02:54 WIB
Puan Gesit Manuver, PDIP Tak Lagi Berharap pada Jokowi?
Momen pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dengan tokoh senior Partai Golkar, Jusuf Kalla (JK)/Ist
rmol news logo Semakin dekat waktu menuju gelaran Pemilu 2024, PDI Perjuangan nampaknya mulai ingin melepaskan diri dari bayang-bayang Joko Widodo, kader yang dibesarkan hingga menjadi presiden dua periode.

Begitu dikatakan analis politik dari UIN Syarif Hidayatullah Dedi Kurnia Syah, menanggapi manuver Ketua DPP PDIP Puan Maharani baru-baru ini.

Puan Maharani secara maraton, melakukan pertemuan yang patut dipandang upaya lobi politik ke dua tokoh senior Partai Golkar,Luhut Binsar Panjaitan dan Jusuf Kalla.

Menurut Dedi Kurnia, lobi-lobi Puan ke petinggi Partai Golkar, tidak keliru jika dimaknai sebagai upaya PDIP lepas dari ketergantungan pada Jokowi.

"Gerakan gesit Puan justru bisa saja sebagai tanda ia tidak lagi berharap pada Jokowi, dan ini bagus," kata Dedi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (8/10).

Menurutnya, PDIP sebagai partai politik pemenang Pemilu 2019, harus bisa membuktikan struktur inti masih hidup untuk melakukan lobi-lobi politik.

"PDIP memang sudah seharusnya mengembalikan pengaruh partai pada ketua umum atau sekurangnya tokoh inti, dan Puan jelas mewakili Megawati," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA