Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penerus Dwi Tunggal Soekarno-Hatta, Prabowo Cocok Berdampingan dengan Yusril di Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 05 Oktober 2023, 12:53 WIB
Penerus Dwi Tunggal Soekarno-Hatta, Prabowo Cocok Berdampingan dengan Yusril di Pilpres 2024
Prabowo Subianto dan Yusril Ihza Mahendra/Net
rmol news logo Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menjadi figur paling mumpuni, untuk dipertimbangkan menjadi pendamping bakal calon presiden (Bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto, pada Pilpres 2024.

Pengamat politik Lembaga Riset Publik (LRP), Muhammad Al Fatih pun mengibaratkan Yusril dengan Sutan Sjahrir, Perdana Menteri pertama RI yang juga berasal dari tanah Sumatera.

"Keduanya sama-sama cerdas dan intelektual. Sjahrir adalah Ketua Partai Sosialis Indonesia (PSI), sedang Yusril Ketua Umum PBB. Kapasitas dan kemampuan pribadi kedua tokoh ini jauh lebih besar dibandingkan partai yang dipimpinnya," ujar Al Fatih dalam keterangan tertulis, Kamis (10/5).

Al Fatih mengatakan, mewakili daerah-daerah luar Jawa, menjadi kekuatan Yusril dibandingkan tokoh lain. Apalagi, posisi masyarakat Melayu dalam kasus Rempang yang salah urus, juga menjadi nilai tawar bagi Yusril.

"Ia orang Melayu campuran Minangkabau yang lahir dan dibesarkan di Belitung. Ini penting sebagai simbol perekat persatuan dan kesatuan bangsa kita yang majemuk," terangnya.

Apalagi dengan fakta secara kultural, lanjutnya, sosok Prabowo adalah seorang Jawa. Sehingga, kombinasi Prabowo-Yusril bisa diibaratkan Dwi Tunggal Soekarno-Hatta, Jawa dan luar Jawa.

"Jadi, kalau tidak mau kita terjebak seolah meniadakan peran luar Jawa dalam pendirian dan Pembangunan negeri ini, Prof. Yusril adalah figur yang paling kuat mewakili kekosongan representasi itu," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA