Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Bakal Ikuti Anies Rekrut Tokoh NU, Bukan Gibran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 05 Oktober 2023, 11:34 WIB
Prabowo Bakal Ikuti Anies Rekrut Tokoh NU, Bukan Gibran
Kolase Prabowo Subianto dan calon pendampingnya/RMOL
rmol news logo Bakal calon presiden (Bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, diperkirakan tidak menjadikan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres).

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an mengamati, Prabowo mau tidak mau harus mengikuti trend yang telah dimulai Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan.

Anies meminang Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar yang merupakan salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

"Klaster yang sangat dicari itu adalah klaster NU. Kenapa? Karena sudah pecah telur satu Capres mengusung Cawapres NU. Dan dugaan saya yang lain juga akan mencari Cawapres dari kalangan Nahdlatul Ulama," ujar Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (5/10).

Dia menilai, ceruk pemilih dari NU atau biasa disebut warga Nahdliyin memberikan peluang pasangan calon presiden dan wakil presiden memenangkan Pilpres 2024, mengingat jumlahnya cukup besar.

"Kalau sampai hanya di satu Paslon Cawapres NU, ini akan terjadi penggelembungan suara NU di satu Capres-Cawapres itu," sambungnya berpendapat.

Oleh karena itu, Ali yang merupakan kandidat doktor ilmu politik Universitas Indonesia ini meyakini, pilihan Prabowo akan jatuh kepada salah seorang tokoh NU.

Meskipun menurutnya, terdapat wacana perekrutan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres Prabowo, apabila gugatan uji materiil norma batas usia minimum Capres-Cawapres dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi 35 tahun.

"Seperti saya sering katakan, Jawa Timur adalah kunci, karena tidak ada satu pun Capres yang unggul di sana. Oleh karenanya semua butuh komplementer, semua butuh Cawapres dari Jawa Timur," demikian Ali menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA