Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu: Putusan DKPP Soal Silon Tentukan Akses Berkas Capres-Cawapres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 27 September 2023, 19:49 WIB
Bawaslu: Putusan DKPP Soal Silon Tentukan Akses Berkas Capres-Cawapres
Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty/RMOL
rmol news logo Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI berharap keputusan akses sistem informasi pencalonan (Silon) diputus secara adil oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

Perkara itu terkait dugaan pelanggaran kode etik seluruh pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty menjelaskan, masalah keterbatasan akses Silon dalam proses pencalonan anggota legislatif menentukan keterbukaan akses berkas informasi calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres).

"Ini akan berpengaruh terhadap akses informasi kita terhadap berkas pencalonan Presiden dan Wapres. Juga akan mempengaruhi akses kita terhadap penyusunan DCT (daftar calon tetap)," ujar Lolly di Bali, Rabu (27/9).

Dia menuturkan, saat ini dirinya masih menunggu jadwal sidang pembacaan putusan DKPP RI terhadap perkara Nomor 106-PKE-DKPP/VIII/2023 yang diajukan seluruh pimpinan Bawaslu RI.

"Apapun hasilnya, sekali lagi apapun hasilnya, maka secara kelembagaan Bawaslu tentu akan menghormati. Jadi ini tinggal menunggu detik-detik putusan DKPP akan seperti apa," kata Lolly.

"Mari kita tunggu. Mudah-mudahan semesta ini mendukung terhadap upaya yang saat ini telah dijalankan Bawaslu," tutup Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA