Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Food Estate Gagal Total, Ini Saran Muhaimin Iskandar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 27 September 2023, 12:50 WIB
Food Estate Gagal Total, Ini Saran Muhaimin Iskandar
Bakal Cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Muhaimin Iskandar/RMOL
rmol news logo Program sentra pangan nasional atau food estate yang digulirkan pemerintah, dinilai bakal Cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Muhaimin Iskandar, gagal total.

Hal ini disampaikan sosok yang akrab disapa Cak Imin itu usai menjadi pembicara di  Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (27/9).

"Produktivitas pangan ini benar-benar harus digerakkan secara masif, bukan melalui food estate tetapi melalui peningkatan produktivitas lahan dan tanah milik rakyat dan petani," tegas Cak Imin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu meminta pemerintah mengevaluasi program tersebut dan membuat program ketahanan pangan yang baru dengan melibatkan masyarakat, khususnya petani.

"Food estate terbukti gagal, Maka jalan cepat yang harus dilakukan adalah mengidentivikasi tanah-tanah pertanian punya rakyat, diorganisir dengan manajemen bisnis raksasa pangan nasional," ujarnya.

Selain itu, sudah waktunya Indonesia lepas dari ketergantungan impor. Kondisi ini bisa berbahaya apabila negara produsen tak lagi bisa memenuhi permintaan Indonesia.

"Kalau kita tidak bisa impor, kita makan dari mana? Kecuali kita (bisa) berswasembada," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA