Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kang Tamil: Jokowi Ingin Ambil Alih Peran Megawati Soal Deal-deal Dukungan Capres-Cawapres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 27 September 2023, 09:28 WIB
Kang Tamil: Jokowi Ingin Ambil Alih Peran Megawati Soal <i>Deal-deal</i> Dukungan Capres-Cawapres
Komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan alias Kang Tamil/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo diyakini ingin mengambil alih peran Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri terkait deal-deal politik dukungan terhadap capres-cawapres tertentu di Pilpres 2024.

Menurut Komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan alias Kang Tamil, deal-deal politik dukungan Jokowi terhadap aktor-aktor politik saat ini harus melalui Megawati. Karena, Jokowi saat ini masih sebagai petugas partai.

Untuk itu, Jokowi ingin melepaskan belenggu tersebut dengan menjadikan anak bungsunya, Kaesang Pangarep sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia alias PSI.

"Ini salah satu cara agar deal-deal politik itu datangnya ke Jokowi. Dengan Jokowi membuat anak-anaknya itu menjadi ketua umum atau paling tidak elite-elite di partai yang berbeda, dukungan-dukungan dari anak-anaknya itu yang notabenenya memiliki partai-partai tersendiri itu, ya tentu dealnya berada di mejanya Jokowi," kata Kang Tamil kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (27/9).

Kang Tamil melihat, Jokowi saat ini tengah melakukan bargaining politik untuk mengalihkan deal-deal yang selama ini di bawah tampuk Megawati, kepada dirinya.

"Dukungannya adalah dukungan pure dari Jokowi secara premis pribadi dia dengan keluarganya, maka deal-dealnya adalah di atas meja bersama Jokowi. Jadi ini juga tentang bargaining politik yang dialihkan," pungkas Kang Tamil.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA