Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Ketum PSI, Kaesang Incar Walikota Depok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 26 September 2023, 21:06 WIB
Jadi Ketum PSI, Kaesang Incar Walikota Depok
Ketum PSI Kaesang Pangarep/Net
rmol news logo Maksud putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (Ketum PSI), diprediksi untuk maju sebagai Walikota Depok yang selama puluhan tahun dikuasai tokoh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pengamat politik Citra Institute, Efriza mengamati, Kaesang tidak mungkin mau menjadi Ketum PSI dengan hasrat yang kosong, tetapi juga ingin mengikuti jejak bapak dan kakak-kakaknya yang memulai karir politik dari kepala daerah.

"Obsesi pribadi Kaesang ditenggarai ingin mencoba peruntungan kompetisi di Pilkada daerah di Depok," ujar Efriza kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (26/9).

Dia meyakini, Kaesang ingin menunjukan dirinya bukan sekadar putra kepala negara yang hanya memanfaatkan jabatan bapaknya. Tapi juga punya kualitas bertarung di wilayah orang.

Pasalnya, dosen ilmu pemerintahan Universitas Pamulang (UNPAM) Serang itu mendapati sejarah Kota Depok sudah dikuasai oleh tokoh PKS selama hampir 25 tahun sejak Pilkada 2005.

"Ia (Kaesang) memilih peruntungan di sana, untuk menunjukkan kualitas diri, tidak sekadar ikut pemilihan dengan berada di basis daerah pemilihan semata di Jawa Tengah, sehingga sebagai anak muda ia tidak lagi dilabeli berani kandang, ini adalah obsesi besar dirinya," tuturnya.

Di samping itu, Efriza juga menilai Kaesang menerima jabatan Ketum PSI juga untuk menunjukkan citra diri keluarga Jokowi punya kemampuan memimpin organisasi partai, sehingga bukan sekadar "petugas partai".

"Oleh sebab itu, ia butuh jabatan ketua umum, agar bisa diperhitungkan dalam posisi tawar dengan partai-partai lainnya untuk membangun koalisi. Ini adalah kerangka dasar jangka pendek dari Kaesang," demikian Efriza menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA