Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Gibran Cawapres Prabowo, Jokowi Dinilai Head to Head Ngelawan Megawati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 14 September 2023, 14:13 WIB
Jika Gibran Cawapres Prabowo, Jokowi Dinilai <i>Head to Head</i> Ngelawan Megawati
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri/Ist
rmol news logo Manuver Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Mahkamah Konstitusi (MK) diduga ingin memajukan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (Cawapres) yang disandingkan dengan Prabowo Subianto.

Berdasarkan wacana yang beredar, hal itu dinilai sebagai sikap politik Jokowi melawan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri.

Direktur Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto menilai, Presiden Ketujuh RI  itu saat ini punya kekuatan politik untuk melawan PDIP dan Megawati.

"Kalau bisa dibilang ya kuat. Karena Jokowi sudah menjadi Presiden RI dua periode," ujar Hari kepada Kantor Berita Politik RMOL di Jakarta, Kamis (14/9).

Dia menjelaskan, Jokowi menjadi presiden selama dua periode memang tidak terlepas dari peranan PDIP.

Namun, dia mengamati manuver yang dilakukan Jokowi beberapa waktu belakangan ini nampak melawan Megawati. Termasuk, dengan adanya uji materiil yang dilayangkan PSI dan beberapa individu masyarakat, terkait batas usia minimum Capres-Cawapres.

"Tentunya, dengan tidak mengabaikan peran utama PDIP, Jokowi juga telah menjadi kekuatan politik nasional tersendiri," ucapnya.

"Artinya, jika dia berkehendak untuk menjadikan Gibran Wapres, bisa diartikan Jokowi head to head dengan Megawati," demikian Hari menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA