Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Syahganda: Ganjar Orde Lama, Prabowo Orde Baru, Anies-Cak Imin Orde Reformasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 13 September 2023, 22:57 WIB
Syahganda: Ganjar Orde Lama, Prabowo Orde Baru, Anies-Cak Imin Orde Reformasi
Syahganda Nainggolan/RMOL
rmol news logo Tiga kandidat yang akan berlaga pada kontestasi Pilpres 2024, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, seperti mencerminkan tiga era kepemimpinan nasional.

Direktur Sabang Merauke Circle, Syahganda Nainggolan, menilai ketiganya seperti merepresentasikan tiga orde kepemimpinan yang ada di Indonesia, yakni Orde Lama, Orde Baru, dan Orde Reformasi.

“Kalau saya membandingkan begini. Yang bertarung ini tiga orde. Ganjar itu Orde Lama. Prabowo Orde Baru, dan Anies-Muhaimin Orde Reformasi,” kata Syahganda, dalam diskusi Republik Ayam Jago bertajuk “Aktivis Bicara Perubahan Indonesia Pasca Jokowi” di kanal YouTube Republik Merdeka TV, Rabu (13/9).

Lebih lanjut Syahganda mengurai, Ganjar identik dengan Orde Lama, karena dalam setiap gerak politiknya selalu mengatasnamakan ajaran Soekarno.

“Prabowo, karena dia mantan menantu dan tulang punggung Soeharto, artinya dalam diri dia melekat yang namanya Orde Baru,” kata aktivis senior itu.

Sementara Anies-Cak Imin, jelas Syahganda, erat kaitannya dengan Orde Reformasi, karena mereka berdua lahir dari rahim pergerakan mahasiswa yang ikut andil dalam gerakan reformasi 1998.

“Pak Anis dan pak Muhaimin kan dari kaum pergerakan generasi 1998, mereka pada tahun 90-an sudah melakukan gerakan, artinya mereka ini kaum pergerakan,” katanya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA