Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Bukan Anak Ideologis PDIP, Peluang Didukung Jokowi Mengecil?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 13 September 2023, 16:23 WIB
Prabowo Bukan Anak Ideologis PDIP, Peluang Didukung Jokowi Mengecil?
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Presiden Joko Widodo/Ist
rmol news logo Kedekatan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diasumsikan sejumlah kalangan masyarakat sebagai dukungan sang Kepala Negara kepada Menteri Pertahanan.

Asumsi itu menguat, lantaran keduanya terlihat sering melakukan kegiatan bersama, terutama saat terkait urusan tugas negara.

“Selain itu, baliho yang memuat Prabowo dan Jokowi juga banyak bertebaran di penjuru tanah air. Hal ini mengesankan Jokowi merestui Prabowo sebagai penerusnya,” kata pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, ketika berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (13/9).

Namun demikian, menurut Jamiluddin, kesan kedekatan itu belum tentu bentuk dukungan terhadap Prabowo. Sebab, apa yang tersurat melalui yang dipertontonkan Jokowi belum tentu menggambarkan yang tersirat.

Jamiluddin menganalisis, Jokowi sebagai presiden tentu harus dibedakan dengan dirinya menjadi kader PDIP. Sebagai presiden, Jokowi memang harus dekat dengan menterinya, termasuk dengan Prabowo. Jokowi juga tidak bisa melarang fotonya terpampang bersama Prabowo di baliho.

“Namun sebagai kader partai, Jokowi tentu punya pilihan capres. Apalagi sebagai kader PDIP, yang cenderung ideologis, Jokowi tentunya akan memilih capres yang memiliki ideologis yang sama,” paparnya.

“Jadi, kecil kemungkinan Jokowi akan mendukung Prabowo dalam Pilpres 2024. Sebab, Prabowo bukan anak ideologis PDIP,” imbuh Jamiluddin.

Oleh karena itu, lanjut Jamiluddin, pada akhirnya Jokowi diperkirakan akan lebih terbuka mendukung Ganjar. Jokowi dengan segala upaya akan mengantarkan Ganjar menjadi penggantinya.

“Semua itu akan dilakukan Jokowi sebagai wujud kesetiaannya sebagai anak ideologis partai. Hal itu tentunya tidak akan dikhianati Jokowi,” tutup Jamiluddin. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA