Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakai Skema Operasi Pasar, Pemerintah Yakin Harga Beras Turun dalam Sepekan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 13 September 2023, 14:35 WIB
Pakai Skema Operasi Pasar, Pemerintah Yakin Harga Beras Turun dalam Sepekan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta/Ist
rmol news logo Intervensi yang dilakukan pemerintah dengan menggelar operasi pasar, diharapkan optimal dalam menekan harga beras. Operasi pasar ini salah satunya dilakukan dengan penyebaran beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

"Insya Allah (harga beras) cepat turunnya. Kita akan lihat seminggu, harganya stabil sedikit turun," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta, Rabu (13/9).

Ketua Umum PAN ini, mengatakan, penggelontoran beras ke pasar induk ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Karena saat ini pasokan cadangan beras pemerintah (CBP) melimpah di gudang Perum Bulog.

"Kata Pak Presiden harus dilakukan intervensi, berapapun permintaan, Bulog bisa menyediakan. Jadi masyarakat tidak usah khawatir," katanya.

"Sebelumnya Bulog menyampaikan stok 1,6 juta ton, kontrak lama ada 400 ribu ton. Jadi ada 2 juta ton beras," imbuhnya menekankan.

Pada sisi lain, Zulhas tak menampik saat ini harga beras tengah mengalami kenaikan. Namun, di sejumlah daerah sudah ada yang mengalami penurunan.

"Memang di beberapa daerah harga beras sudah stabil ada beberapa tempat (masih) naik sedikit," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA