Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKS Tetap di Kubu Anies, Poros Baru AHY-Sandiaga Sulit Terwujud

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 05 September 2023, 10:00 WIB
PKS Tetap di Kubu Anies, Poros Baru AHY-Sandiaga Sulit Terwujud
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Sandiaga Uno/Ist
rmol news logo Peluang Partai Demokrat menggandeng PPP dan PKS membentuk poros baru mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Sandiaga Uno di Pilpres 2024 sepertinya sulit terwujud.

Pasalnya, PKS akan tetap mengusung Anies Baswedan meskipun berpasangan dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bakal cawapresnya.

Begitu analisa Pengamat komunikasi politik Universitas Wsa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu, Selasa (5/9).

“Kalau ada yang mengatakan PPP akan menggandeng Demokrat dan PKS membentuk koalisi, peluangnya tampaknya sangat kecil. PKS tampaknya tetap akan mengusung Anies,” kata Jamiluddin.

Di sisi lain, Jamiluddin berpandangan bahwa PPP akan tergantung dari restu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menghadapi Pilpres 2024.

Sebab itu, partai berlambang kabah diyakini masih tetap bersama PDIP meskipun Sandiaga Uno kelak tidak dipilih sebagai bakal cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

“Karena itu, bila PPP nantinya pindah haluan ke Demokrat dan PKS, besar kemungkinan itu karena restu Jokowi, bukan inisiatif PPP apalagi Ketumnya. Jadi, wacana yang ingin memasangkan AHY-Sandi sulit terwujud. Sebab, PPP tidak cukup punya nyali ke arah itu,” demikian Jamiluddin.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA