Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PPP-Demokrat-PKS Bisa jadi Poros Alternatif, Usung AHY-Sandi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 03 September 2023, 11:56 WIB
PPP-Demokrat-PKS Bisa jadi Poros Alternatif, Usung AHY-Sandi
Sandiaga Salahuddin Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/Ist
rmol news logo Sama-sama dalam posisi terkena PHP (pemberi harapan palsu). PPP dan Partai Demokrat disarankan bersatu mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sandiaga Salahuddin Uno di Pilpres 2024. Bahkan, jika wacana poros itu ingin dirajut, maka harus dilakukan dengan cepat.

Menurut peneliti senior Institut Riset Indonesia (Insis), Dian Permata, wacana poros baru, Partai Demokrat-PKS-PPP bisa menjadi poros alternatif. Artinya, PKS mengikuti Demokrat untuk keluar dari koalisi Nasdem. Dan PPP keluar dari koalisi PDI Perjuangan.

"Jika wacana poros ini memang ingin dirajut, maka sebaiknya dilakukan cepat. Karena baik AHY dan Sandi dalam posisi kena PHP dari koalisi sebelumnya," ujar Dian kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (3/9).

Dari sudut pandang elektoral, kata akademisi Universitas Ibnu Chaldun ini, maka AHY dan Sandi layak dicoba. Secara elektoral, maka AHY menjadi capres. Sedangkan Sandi menjadi cawapres.

"Hanya saja, tidak ada kalkulasi rigit soal urusan ini. Bisa saja Sandi-AHY. Tergantung komunikasi politik di antara keduanya dan PKS. Di sisi lain, citra diri, pasangan capres-cawapres termuda dapat mereka kapitalisasi," pungkas Dian.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA