Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Cuma Tambang, Jokowi Dorong Hilirisasi UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 31 Agustus 2023, 20:21 WIB
Bukan Cuma Tambang, Jokowi Dorong Hilirisasi UMKM
Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Kerja Nasional XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tahun 2023, di Nusantara Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (31/8)/Ist
rmol news logo Program hilirisasi yang digalakkan pemerintah tidak hanya di sektor pertambangan tetapi juga sektor lain termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Kerja Nasional XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tahun 2023,  di Nusantara Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (31/8).

“Hilirisasi itu bukan hanya untuk yang besar-besar, bukan urusan nikel saja, bukan urusan tambang tembaga yang gede-gede, yang UKM pun kita harus industrialisasikan, harus hilirisasikan," ujar Jokowi.

Dia memuji pelaku usaha yang melakukan hilirisasi. Contohnya pemilik merek kopi Hajirocker Coffee asal Banten yang berhasil mengolah biji kopi menjadi kopi bubuk dan mengemasnya dengan kemasan yang menarik.

Tak hanya kopi, Jokowi juga menyebutkan sejumlah produk lain yang berpotensi besar untuk di hilirisasi, seperti gula aren, kelapa sawit, hingga rumput laut.

“Kita ini nomor dua di dunia, rumput laut, tapi ekspornya mentahan. Saya cek ke mana ini mentahan, kenapa enggak buat industri sendiri?” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA