Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nama Baru KKIR Diusulkan Prabowo, Disetujui Tiga Ketum, Cak Imin Telat Datang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 29 Agustus 2023, 11:43 WIB
Nama Baru KKIR Diusulkan Prabowo, Disetujui Tiga Ketum, Cak Imin Telat Datang
Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani/RMOL
rmol news logo Perubahan nama dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) menjadi Koalisi Indonesia Maju merupakan inisiatif dari Prabowo Subianto. Selain menjadi pengusul, Prabowo juga yang kemudian mengumumkan nama baru koalisi yang digawangi Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB) itu.

"Tadi nama itu dibicarakan secara bersama oleh Pak Prabowo, diajukan oleh beliau diusulkan bagaimana kalau koalisi kita menjadi Koalisi Indonesia Maju. Nama yang sekarang menjadi nama kabinet Joko Widodo dalam pemerintahan Jokowi-Maruf Amin," kata Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, usai menghadiri acara HUT ke-25 PAN, di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin malam (28/8).

Muzani menceritakan yang terjadi di balik layar saat merembuk nama baru koalisi. Rembukan itu dilakukan bersama antara Prabowo dan tiga ketua umum partai pendukung menjelang pembukaan HUT ke-25 PAN di Golden Ballroom, Hotel SultanTiga ketum yang hadir yaitu Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra.

"(Nama baru koalisi) Diusulkan oleh Pak Prabowo di depan Pak Zulhas kemudian disampaikan juga kepada Pak Yusril dan Pak Airlangga, kemudian ketiga ketum ini tampak semangat menyetujui itu," tutur Muzani.

Sementara itu pada saat rembukan, Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin belum tiba di lokasi acara. Cak Imin telat hadir lantaran harus menghadiri kegiatan terkait Rakornas PKB lebih dulu.

"Namun kemudian Pak Prabowo tetap menunggu Pak Muhaimin yang dalam perjalanan menuju gedung ini," imbuh Muzani.

Setibanya di lokasi, Cak Imin kemudian diberitahu Prabowo perihal perubahan nama koalisi.

"Maka ketika Pak Muhaimin sampai, dibisikin apa yang sudah menjadi pembicaraan dari tokoh-tokoh tersebut, dan saya tidak tahu Pak Muhaimin diajak bicara sepertinya sama Pak Prabowo. Dan Pak Prabowo mengumumkan nama Koalisi Indonesia Maju di hadapan forum ultah PAN ini," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA