Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Dampak El Nino, Mendag Zulhas Perkuat Kerjasama dengan Asosiasi Eksportir Beras India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 26 Agustus 2023, 17:46 WIB
Antisipasi Dampak El Nino, Mendag Zulhas Perkuat Kerjasama dengan Asosiasi Eksportir Beras India
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu Asosiasi Eksportir Besar India/Ist
rmol news logo Mengantisipasi kemarau panjang, terutama dampak El Nino, Pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas ketersediaan pangan nasional. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu Asosiasi Eksportir Besar India atau The Rice Exporters Association CG (TREACG) untuk membahas kerjasama pangan secara business to business.

Pertemuan dilakukan di Jaipur, India, pada Jumat (25/8), di sela Pertemuan Perdagangan dan Investasi G20 yang berlangsung pada 24 dan 25 Agustus 2023.

Pada pertemuan itu, perwakilan dan delegasi eksportir beras India dipimpin Alok Bisaria. Dari Indonesia, Mendag Zulkifli Hasan didampingi Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono dan Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional Bara K. Hasibuan.

“Saya mendorong TREACG untuk terus meningkatkan kerja sama pangan dengan Indonesia, dengan melanjutkan komunikasinya dengan Bulog untuk penyiapan akses pasar beras yang lebih luas dari India, secara ‘B to B’,” ujar Zulhas, sapaan karibnya.

Ketua Umum PAN itu juga meminta TREACG untuk berdiskusi lebih intensif dengan Pemerintah India, khususnya dalam kebijakan larangan ekspor beras non basmati.

“Saya menyambut baik pertemuan hari ini dan meminta pelaku usaha beras India untuk dapat meningkatkan lobi ke Pemerintah India terkait larangan ekspor beras non basmati," katanya.

"Saya berpandangan kebijakan tersebut tidak sesuai dengan komitmen India sebagai salah satu sumber utama untuk ketahanan pangan dunia, khususnya beras,” lanjutnya.

Pada pertemuan, Mendag Zulkifli Hasan mengundang delegasi TREACG untuk menghadiri kegiatan Trade Expo Indonesia ke-38.

Pameran dagang terbesar di Indonesia ini akan dilaksanakan pada 18-22 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA