Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Kemitraan, Zulhas Dialog Bilateral Bersama Mendag UEA dan Arab Saudi di India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 24 Agustus 2023, 23:12 WIB
Perkuat Kemitraan, Zulhas Dialog Bilateral Bersama Mendag UEA dan Arab Saudi di India
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bertemu Menteri Perdagangan Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Qasabi di Jaipur, India/Ist
rmol news logo Pertemuan G20 Trade and Investment Ministers’ Meeting di Jaipur, India, dimanfaatkan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan untuk bertemu dan memperkuat kerjasama dengan negara mitra.

Di antaranya, Mendag Zulhas melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Qasabi dan Menteri Perdagangan Uni Emirat Arab (UEA) Thani bin Ahmed Al Zeyoudi.

Bertempat di Rambagh Palace, Zulhas menemui Mendag UAE Thani bin Ahmed Al Zeyoudi, Kamis (24/8), untuk membahas peluang kerjasama yang lebih baik antara pengusaha Indonesia dan UAE.

“Mendag UAE menginformasikan akan ada kunjungan pengusaha Uni Emirat Arab ke Indonesia. Saya janji akan buatkan bisnis forum dan pertemukan dengan Kadin. Rencananya awal September,” kata Zulhas menceritakan pertemuannya itu.

Zulhas bersyukur bahwa Indonesia-UAE Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA) telah diratifikasi kedua negara. Dengan perjanjian tersebut, seharusnya volume perdagangan kedua negara bisa meningkat dan hubungan dunia usaha antarnegara bisa lebih maju.

“Saya terus melakukan langkah proaktif dan konkret. Saya akan buatkan forum bisnisnya saat pengusaha-pengusaha UAE datang ke Indonesia," tutur Ketua Umum PAN itu.

Sementara dalam dialog bersama Mendag Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Qasabi, Zulhas menyinggung beberapa permasalahan dan hambatan dagang dengan Saudi, di antaranya isu tenaga kerja.

“TKI dulu dilarang ke Saudi karena moratorium, sekarang sudah bisa melalui Online Single System,” katanya.

Di antara hasil pertemuan antara Zulhas dan Majid, keduanya berencana bertemu kembali dan melakukan pertemuan awal September mendatang di New Delhi pada pertemuan tingkat tinggi G20 Summit.

“Kami akan dampingi kepala negara masing-masing. Mendag Najib dampingi Muhammad bin Salman al-Saud. Saya dampingi Pak Joko Widodo. Insya Allah,” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA