Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunker ke India, Mendag Zulhas Bahas Kerjasama Multilateral

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 23 Agustus 2023, 19:26 WIB
Kunker ke India, Mendag Zulhas Bahas Kerjasama Multilateral
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (tengah)/Ist
rmol news logo Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, bertolak ke Jaipur, India, menghadiri G20 Trade and Investment Ministers’ Meeting (G20 TIMM). Kunjungan kerja itu dijadwalkan berlangsung hingga 25 Agustus 2023.

Kunjungan kerja Zulkifli Hasan ke India diawali sejumlah agenda di Mumbai, Rabu, (23/8). Sementara Rangkaian G20 TIMM akan digelar di The Rambagh Palace Hotel, Jaipur, 24–25 Agustus.

Pada kunjungan kali ini Zulkifli Hasan didampingi Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono, dan Staf Khusus Menteri Perdagangan, Bara K Hasibuan.

“Saya ke India menghadiri pertemuan tingkat menteri bidang perdagangan dan investasi negara-negara G20. Kami akan membahas kerjasama dagang multilateral dan pertumbuhan serta kesejahteraan global,” kata Mendag, lewat keterangan tertulisnya, Rabu (23/8).

Dia juga menjelaskan, selain pertemuan antar-Menteri Perdagangan dan Investasi negara-negara G20, akan digelar juga pertemuan antara pelaku usaha negara-negara G20 atau Business 20 (B20).

"Kita akan duduk dengan para pemimpin perusahaan India dalam Sidang Pleno. Selain isu dagang dan bisnis, akan dibahas juga dampak perkembangan teknologi bidang ini,” pungkasnya.

Total perdagangan Indonesia-India pada periode Januari-Juni 2023 tercatat sebesar USD 13,47 miliar. Dari nilai itu, ekspor Indonesia ke India sebesar USD 9,40 miliar serta impor Indonesia dari India sebesar USD 4,05 miliar.

Sedangkan pada 2022, total perdagangan kedua negara mencapai USD 32,70 miliar atau meningkat dibanding tahun sebelumnya yang tercatat sebesar USD 21,01 miliar.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA