Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendag Zulhas Jamu Makan Malam Menteri Ekonomi ASEAN di Klenteng Sam Poo Kong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 21 Agustus 2023, 17:05 WIB
Mendag Zulhas Jamu Makan Malam Menteri Ekonomi ASEAN di Klenteng Sam Poo Kong
Jamuan makan malam di Klenteng ikonik Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah/Ist
rmol news logo Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan menjamu para Menteri Ekonomi ASEAN dan menteri-menteri dari negara mitra dalam jamuan makan malam (gala dinner), Minggu malam (20/8), yang digelar di Klenteng ikonik Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah.

Dikatakan Mendag Zulhas, lokasi tersebut dipilih karena Sam Poo Kong memiliki keunikan dalam bentuk sejarah panjang dan bukti titik temu kebudayaan Jawa dan Tionghoa.

“Sam Poo Kong bukan tempat ibadah biasa. Sam Poo Kong adalah destinasi wisata ikonik yang sarat latar belakang budaya dan telah menjadi simbol percampuran budaya antara budaya Jawa dan Tionghoa,” kata Zulhas.

Dia bercerita kepada para menteri bahwa Sam Poo Kong dinamai dari tempat Laksamana Cheng Ho berlabuh dan menetap di Semarang. Laksamana Cheng Ho berjasa besar dalam menyebarkan Islam di Nusantara pada masa lalu.

Dia berharap, kisah Sam Poo Kong dapat menginspirasi para Menteri Ekonomi ASEAN untuk membawa semangat positif dalam rangkaian Pertemuan yang digelar hingga Selasa (22/8).

“Saya berharap pertemuan kita di Semarang dapat mengirim pesan kepada dunia bahwa kita di sini dapat berkomitmen untuk membangun ASEAN yang tangguh, relevan, inklusif, serta bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat kawasan ASEAN dan dunia,” katanya.

Dalam jamuan makan malam ini, turut hadir Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn beserta jajaran Sekretariat ASEAN, para Menteri Perdagangan ASEAN beserta delegasi, para menteri dan perwakilan delegasi dari negara mitra dialog maupun mitra strategis, dan Menteri Perdagangan dan Industri Timor Leste Filipus Nino Pereira.

Turut hadir Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, Ketua Dewan Penasihat Bisnis ASEAN Arsjad Rasjid, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Jamuan makan malam kali ini merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan ke-55 Para Menteri Ekonomi ASEAN dan Pertemuan Terkait pada 17-22 Agustus 2023 di Semarang, Jawa Tengah.

Dalam jamuan makan malam, para Menteri Ekonomi ASEAN disuguhkan menu-menu khas Indonesia seperti tahu gimbal semarang, ayam woku, sop buntut tentrem semarang, sorbet markisa, dan iga bakar maranggi.

Selama makan malam, para menteri menyaksikan sejumlah pementasan tarian daerah. Sebagai penampilan pembuka, tampil tarian kolaborasi Warak Dugder dengan Barongsai.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA