Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Banyak Ketum Parpol Nyaleg, Terutama Tokoh Masuk Bursa Capres-Cawapres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 21 Agustus 2023, 11:43 WIB
Tidak Banyak Ketum Parpol Nyaleg, Terutama Tokoh Masuk Bursa Capres-Cawapres
Ilustrasi/Net
rmol news logo Daftar calon sementara (DCS) yang resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Jumat pekan lalu (18/8), juga memuat sejumlah nama ketua umum partai politik (Ketum Parpol).

Hal tersebut terungkap dalam publikasi website resmi KPU, infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dcs_dpr, yang memuat 9.919 nama bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) tahun 2024, di 84 daerah pemilihan (Dapil) DPR RI.

Berdasarkan penelusuran Kantor Berita Politik RMOL, pada Senin (21/8), terdapat 5 nama Ketum Parpol yang terdaftar sebagai Bacaleg dan masuk DCS Pileg 2024.

Jika dirinci, terdapat 4 nama ketum parpol non-parlemen, dan satu nama merupakan ketum parpol parlemen.

Mereka di antaranya Ketum Partai Ummat, Ridho Rahmadi nyaleg dari Dapil Jakarta I nomor urut 1. Kemudian ada nama Ketum PSI, Giring Ganesha nyaleg dari Dapil Jawa Barat I nomor urut 1.

Selain itu, ada nama Ketum Perindo, Hary Tanoesoedibjo terdaftar Bacaleg Dapil Banten III nomor urut 1. Kemudian Ketum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) terdaftar Bacaleg Dapil Kalimantan Barat I nomor urut 1.

Sementara, satu nama Ketum Parpol parlemen yang terdaftar sebagai Bacaleg adalah Presiden PKS, Ahmad Syaikhu yang maju dari Dapil Jawa Barat VII dengan nomor urut 1.

Sedangkan nama-nama ketum parpol peserta Pemilu 2024 lainnya, tidak terdaftar sebagai Bacaleg di dalam DCS Pileg 2024 utamanya yang masuk bursa Capres-Cawapres 2024, seperti Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto; Ketum Golkar Airlangga Hartarto; Ketum PAN Zulikifli Hasan; Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin); hingga Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selain itu, nama Ketum yang tak mencuat dalam bursa Capres-Cawapres tapi juga tidak masuk DCS Pileg 2024, yaitu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri; Ketum Nasdem Surya Paloh; Plt. Ketum PPP Muhammad Mardiono; Ketum Partai Gelora Anis Matta; Ketum Partai Buruh Said Iqbal; Ketum PKN Anas Urbaningrum; Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, dan Ketum Garuda Ahmad Ridha Sabana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA