Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hampir 9 Tahun Menjabat Presiden, Jokowi Akhirnya Berkunjung ke Afrika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 20 Agustus 2023, 12:14 WIB
Hampir 9 Tahun Menjabat Presiden, Jokowi Akhirnya Berkunjung ke Afrika
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo bertolak ke Afrika pada hari ini, Minggu (20/8). Dia dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke empat negara di kawasan tersebut. Ini sekaligus kunjungan pertamanya ke Afrika setelah menjabat presiden selama hampir 9 tahun.

“Kami akan berkunjung ke empat negara, yaitu ke Kenya, Tanzania, Mozambique, dan Afrika Selatan, dan ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai presiden ke kawasan Afrika,” ujar Jokowi di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kepala Negara menyatakan, Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang karena Indonesia adalah penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika (KAA) di tahun 1955. Selain itu, Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan Gerakan Non-Blok.

“Spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara the Global South,” ujarnya.

Terkait negara yang akan dikunjungi, sosok yang akrab disapa Jokowi itu menyampaikan Kenya dan Tanzania telah menunjukkan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia.

Sedangkan Mozambique, menurut Jokowi merupakan negara Afrika pertama yang memiliki preferential trade agreement (PTA) dengan Indonesia.

Sementara kunjungan ke Afrika Selatan, lanjut Presiden, adalah untuk memenuhi undangan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS 2023.

“InsyaAllah saya dan rombongan akan tiba kembali di tanah air tanggal 25 Agustus,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA