Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan Bilateral, Indonesia-Singapura Sepakat Bentuk Kelompok Kerja Perdagangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 19 Agustus 2023, 21:52 WIB
Pertemuan Bilateral, Indonesia-Singapura Sepakat Bentuk Kelompok Kerja Perdagangan
Pertemuan bilateral antara Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan dan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Gan Kim Yong/Ist
rmol news logo Dalam rangka memperkuat kinerja perdagangan, Indonesia dan Singapura sepakat mengadakan pertemuan tahunan di level menteri perdagangan dan membentuk kelompok kerja.

Kesepakatan ini dicapai pada pertemuan bilateral antara Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan dan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Gan Kim Yong hari ini, Sabtu (19/8).

Pertemuan ini berlangsung di sela Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN yang ke-55 dan Pertemuan Lainnya di Semarang, Jawa Tengah, yang dilaksanakan 17-22 Agustus 2023.

Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan dalam pertemuan itu, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono; Staf Khusus Mendag, Bara Krishna Hasibuan; dan Direktur Perundingan Bilateral Johni Martha.

“Saya setuju dan mendukung inisiatif dibentuknya kelompok kerja tersebut karena volume perdagangan Indonesia dengan Singapura yang cukup besar serta sebagai tetangga dekat dalam lingkup ASEAN,” ujar Zulhas, sapaan karibnya.

Pada pertemuan bilateral tersebut, kedua menteri membahas upaya peningkatan kerja sama ekonomi digital melalui ASEAN Digital Economy Framework Agreement dan Joint Initiative on e-Commerce di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Pada Januari-Juni 2023, nilai perdagangan Indonesia dan Singapura tercatat sebesar 14,48 miliar dolar AS.

Sementara pada 2022, nilai perdagangan kedua negara tercatat sebesar 33,76 miliar dolar AS. Nilai ini meningkat dibandingkan tahun 2021 yang tercatat sebesar 27,09 miliar dolar AS.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA