Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendag Zulhas: Peran Aktif ASEAN Penting untuk Kemajuan Kawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 19 Agustus 2023, 19:49 WIB
Mendag Zulhas: Peran Aktif ASEAN Penting untuk Kemajuan Kawasan
Pertemuan ke-37 ASEAN Economic Ministers (AEM) dengan ASEAN Free Trade Area (AFTA Council, atau 37th AEM-AFTA Council Meeting, di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/8)/Ist
rmol news logo Peran aktif ASEAN diharapkan lebih baik dalam mendorong agenda-agenda regional dan global. Hal itu sangat penting dalam mengembangkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia yang berdaya saing tinggi.

Demikian disampaikan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dalam Pertemuan ke-37 ASEAN Economic Ministers (AEM) dengan ASEAN Free Trade Area (AFTA Council, atau 37th AEM-AFTA Council Meeting, di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/8).

Dikatakan Mendag Zulhas, harapan itu sesuai dengan tema keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023, yakni "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

"ASEAN diharapkan dapat berperan aktif dalam mendorong berbagai agenda regional dan global serta mengembangkan kawasan yang adaptif, responsif, dan berdaya saing tinggi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia," kata Mendag Zulhas saat sesi pembukaan sebagai Ketua Pertemuan.

Zulhas juga menyampaikan, untuk mewujudkan peran aktif ASEAN, semua negara anggota harus bekerja bersama dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi kawasan yang adil, inklusif, dan berkelanjutan.

Untuk itu, menurutnya, Pertemuan ke-37 AEM-AFTA Council menjadi sarana yang tepat untuk menyampaikan pesan tersebut.

"Saya harap kita dapat berkolaborasi, mengutamakan semangat kebersamaan, serta memberikan arahan yang jelas serta menyusun solusi nyata dan konkret," pungkasnya.

Semarang menjadi tuan rumah rangkaian Pertemuan AEM ke-55 dan Pertemuan Terkait Lainnya pada 17022 Agustus 2023.

Diawali dengan pertemuan persiapan atau Prep-SEOM selama dua hari pada Kamis dan Jumat, 17-18 Agustus 2023, rangkaian dilanjutkan dengan rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi ASEAN selama empat hari dari Sabtu hingga Selasa, 19-22 Agustus 2023.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA