Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lantik 2.497 Personel Komcad 2023, Prabowo Sampaikan Pesan Presiden Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 12 Agustus 2023, 01:27 WIB
Lantik 2.497 Personel Komcad 2023, Prabowo Sampaikan Pesan Presiden Jokowi
Upacara penetapan personel Komponen Cadangan (Komcad) dilakukan di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/8)/Ist
rmol news logo Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi tetapkan 2.497 personel Komponen Cadangan (Komcad). Upacara penetapan ribuan personel Komcad dilakukan di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/8).

Kepada ribuan personel Komcad, Prabowo menyampaikan 10 pesan Presiden Joko Widodo, salah satunya adalah pengembangan kemampuan sumber daya manusia (SDM) sampai hingga modernisasi alutsista untuk ketiga matra.

“Kita harus terus mengembangkan kemampuan dan pertahanan negara, menyiapkan SDM unggul tangguh dan patriotik, serta modernisasi alutsista ketiga matra,” pesan Prabowo.

Lanjut Prabowo, saat ini pertahanan sebuah negara tidak cukup hanya dilakukan oleh militer konvensional, tetapi menjadi kewajiban seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu membela bangsa dan negara.

Itu sebabnya, konsep kesemestaan harus diterapkan dengan meningkatkan setiap warga negara sebagai Komcad yang nantinya dapat dimobilisasi sewaktu waktu untuk kepentingan pertahanan negara.

“Kita sudah memiliki Komcad dari tiga matra untuk strategi pertahanan memperkuat kapasitas komponen utama, untuk keadaan negara darurat militer atau perang,” ucap Prabowo.

Adapun penetapan Komcad telah dilakukan sejak tahun 2021, di mana hingga tahun 2023, Indonesia telah memiliki sebanyak 8.574 personel.

Mereka yang mendaftar di Komcad harus terlebih dahulu menempuh pendidikan latihan dasar militer (Latsarmil) selama tiga bulan.

Adapun, pelaksanaan Latsarmil Komcad 2023 tiap matra dilaksanakan di tempat berbeda. Latsarmil Komcad Matra Darat dilakukan di Rindam I Bukit Barisan Sumatera Utara, Rindam IX/Udayana Bali, Rindam XIII/Merdeka Sulawesi Utara, dan Rindam XVII/Kasuari Papua Barat.

Kemudian, Latsarmil Komcad Matra Laut dilaksanakan di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) di Surabaya, Jawa Timur. Sementara Latsarmil Komcad Matra Udara dilaksanakan di Wingdik 800/PASGAT di Bandung, Jawa Barat.

Keberadaan Komcad sendiri diatur pada UU 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, Komponen Cadangan atau Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA