Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saiful Anam: Jokowi Kebingungan Cari Investor untuk Proyek IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 30 Juli 2023, 21:40 WIB
Saiful Anam: Jokowi Kebingungan Cari Investor untuk Proyek IKN
Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia, Saiful Anam/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo dinilai tengah kebingungan mencari investor yang mau berinvestasi di proyek pembangunan Ibukota Negara (IKN).

Penilaian itu disampaikan Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia, Saiful Anam, menanggapi kunjungan Presiden Jokowi menemui Presiden China, Xi Jinping.

"Saya lihat Jokowi sedang kebingungan mencari investor demi terpenuhinya keinginan membangun IKN," kata Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (30/7).

Perjalanan mencari investor itu, kata Saiful, akan dicatat publik, mampukah Jokowi mendapatkan investor yang benar-benar dapat diandalkan untuk membangun IKN.

"Dari dulu kan Jokowi tidak pernah jelas siapa sebenarnya investor besar IKN, mulai dari Arab, China, hingga Jepang. Namun semua tidak jelas kelanjutannya. Jangan sampai publik bosan dengan isu-isu yang tak jelas terkait investor IKN. Publik akhirnya akan berpikir bahwa Jokowi nol persen dalam proses pencarian investor IKN," urainya.

Akademisi Universitas Sahid Jakarta itu juga meyakini, investor tidak terlalu respek kepada Jokowi, terlebih kekuasaannya sebentar lagi selesai. Investor tentu berpikir berjuta-juta kali untuk menginvestasikan dananya, apalagi proyek sebesar IKN.

"Jokowi kan sebentar lagi selesai masa jabatannya. Investor bisa jadi ketakutan, karena belum tentu apa yang jadi programnya dilanjutkan penggantinya. Tentu berpikir panjang untuk menanamkan modal, apalagi programnya IKN," pungkas Saiful.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA