Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Bhakti Adhyaksa, Jokowi Minta Kejaksaan Bekerja Lebih Profesional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 22 Juli 2023, 09:33 WIB
Hari Bhakti Adhyaksa, Jokowi Minta Kejaksaan Bekerja Lebih Profesional
Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Ragunan, Jakarta, Sabtu (22/7)/Net
rmol news logo Kewenangan jaksa yang besar dalam proses penegakan hukum di Indonesia harus diaplikasikan secara profesional dan bertanggung jawab.

Pesan tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 yang berlangsung di halaman Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Ragunan, Jakarta, Sabtu (22/7).

"Kita tahu kewenangan kejaksaan sangat besar sekali. Ada kewenangan penyidikan, kewenangan penuntutan, kewenangan perampasan, pengembalian aset, dan masih ada kewenangan-kewenangan lainnya," kata Jokowi.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga menyoroti tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Kejaksaan. Berdasarkan sejumlah survei, kata Presiden, masyarakat terpantau puas dengan hasil kerja kejaksaan.

Di bulan Agustus tahun 2022, kata Presiden Jokowi, tingkat kepercayaan publik terhadap kejaksaan sebesar 75,3 persen. Lalu di bulan Juli 2023, tingkat kepercayaan publik terhadap kejaksaan mencapai 81,2 persen.

Untuk itu, Jokowi meminta para jaksa agar mempertahankan kinerjanya.

"Ini angka tertinggi dalam kurun 9 tahun terakhir. Namun hati-hati mempertahankan, meningkatkan kepercayaan masyarakat itu tidak gampang, jangan cepat berpuas diri," tutup Jokowi.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA