Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ganjar Diragukan Jokowi dan Elite-elite PDIP, Elektabilitas Prabowo Bisa Menanjak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 21 Juli 2023, 13:35 WIB
Ganjar Diragukan Jokowi dan Elite-elite PDIP, Elektabilitas Prabowo Bisa Menanjak
Prabowo Subianto bisa dapat suntikan elektoral saat didukung elite PDIP/Net
rmol news logo Dukungan sejumlah elite PDI Perjuangan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dinilai akan memberikan berkah elektoral kepada bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) itu.

Pengamat politik Citra Institute, Efriza mengatakan, dukungan Effendi Simbolon hingga Budiman Sudjatmiko kepada Prabowo menggambarkan keraguan terhadap Ganjar selaku bacapres PDIP.

“Elite-elite PDIP itu (Effendi Simbolon dan Budiman Sudjatmiko) punya pengaruh dan massa besar,” ujar Efriza kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (21/7).

Menurutnya, sosok seperti Budiman punya basis massa tersendiri yang bisa diarahkan mendukung Prabowo yang kini menjabat Menteri Pertahanan.

"Budiman memengaruhi kaum intelektual misalnya,” sambung Efriza.

Di samping dua elite PDIP tersebut, Efriza mengamati Presiden Joko Widodo juga mulai menunjukkan dukungan ke Prabowo.

Dia memandang, apabila basis massa Jokowi dan Effendi serta Budiman konsisten mendukung Prabowo di Pilpres 2024, maka besar kemungkinan Ganjar akan tersingkir dari kontestasi.

“Ketiganya memengaruhi kaum nasionalis, dan Jokowi juga punya pemilih yang loyal, dengan pengaruh mereka yang  tinggi,” tuturnya.

“Diyakini elektabilitas Prabowo akan makin menguat, sedangkan Ganjar akan kembali menurun. Ini dilatari juga oleh pernyataan elite-elite PDIP itu,” tutup Efriza. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA