Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polemik JIS, Legislator PDIP Usul Pembentukan Pansus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 10 Juli 2023, 20:18 WIB
Polemik JIS, Legislator PDIP Usul Pembentukan Pansus
Jakarta International Stadium (JIS) ternyata menyisakan polemik/Ist
rmol news logo Rencana renovasi Jakarta International Stadium (JIS) karena dinilai belum memenuhi standar FIFA untuk jadi venue Piala Dunia U-17 menimbulkan pro kontra.

Untuk itu, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo, mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus). Agar polemik ini bisa mendapatkan solusi terbaik.

"Bentuk Pansus JIS jika dipandang perlu. Apalagi ini sudah menggunakan banyak uang rakyat kan, sekitar Rp4,4 triliun dari PEN dan APBD DKI," kata Rio saat dihubungi wartawan, Senin (10/7).

Belakangan, perusahaan jasa desain dan konsultan asal Inggris, Buro Happold, menyatakan bahwa pembangunan stadion berkapasitas 82 ribu penonton itu tidak sesuai panduan yang telah mereka buat.

Menurut Rio, pernyataan Buro Happold itu menunjukkan ada dugaan "malpraktik" dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan stadion yang terletak di Jakarta Utara tersebut.

"Tidak mengherankan jika banyak sekali kekurangan fasilitas stadion JIS dan jauh dari standar internasional sebagaimana mestinya," tuturnya.

Buro Happold mengklaim telah membuat panduan desain dengan memperhatikan standar FIFA. Namun, Jakarta Konsultindo (Jakkon) menunjuk pihak lain untuk mendesain JIS. Menurut Buro Happold, desain itu tak sesuai panduan yang mereka buat. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA