Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Layanan Haji 2023 Banyak Masalah, Kemenag Tunggu Hasil Investigasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 10 Juli 2023, 15:56 WIB
Layanan Haji 2023 Banyak Masalah, Kemenag Tunggu Hasil Investigasi
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat menerima kedatangan Dubes Saudi di Kantor Kemenag Jakarta/Ist
rmol news logo Kementerian Agama (Kemenag) mengapresiasi upaya pemerintah Arab Saudi mengusut permasalahan yang terjadi saat Masyair atau puncak ibadah haji.

Hal ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal bin Abdullah Al-Amudi, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (10/7).

“Kami telah melakukan analisis, dan masalahnya ada pada Mashariq selaku serikat penyedia. Hal ini sudah kami sampaikan kepada Menteri Tawfiq, dan sangat responsif,” ujar Menag Yaqut.

Penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M memang diwarnai sejumlah masalah. Layanan dinilai tidak diberikan secara optimal sehingga merugikan jemaah haji asal Indonesia.

Beberapa persoalan yang muncul antara lain, tenda Arafah yang sempat dimasuki jemaah nonkuota, keterlambatan pemberangkatan dari Muzdalifah ke Mina sehingga jemaah kepanasan, masalah saluran air bersih dan sanitasi di Mina, sampai keterlambatan katering untuk jemaah haji.

"Kita sepakat membentuk tim investigasi. Saat ini sudah dilakukan setidaknya dua kali pertemuan, dan tim ini masih bekerja. Kita akan tunggu hasilnya satu atau dua minggu ke depan. Kami apresiasi pemerintah Saudi amat kooperatif,” tandas Menag Yaqut. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA