Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Effendi Gazali: Baru di Indonesia, Relawan Pindah Dukungan sebelum Capres Daftar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 09 Juli 2023, 17:06 WIB
Effendi Gazali: Baru di Indonesia, Relawan Pindah Dukungan sebelum Capres Daftar
Pakar Komunikasi Politik, Effendi Gazali/Net
rmol news logo Mendekati pesta demokrasi 2024, bermunculan relawan mendeklarasikan dukungan terhadap sosok tertentu yang digadang menjadi bakal calon presiden.

Fenomena relawan itu pun disorot Pakar Komunikasi Politik, Effendi Gazali, saat menjadi moderator diskusi Vox Point Indonesia, di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Minggu (9/7).

"Indonesia ini menarik. Baru di negara seperti Indonesia, ada relawan berpindah ke relawan lain sebelum Capresnya terdaftar," katanya.

Diskusi bertajuk "Songsong Pesta Demokrasi dengan Riang Gembira" itu diikuti Relawan Laskar Prabowo 08, Mitra Ganjar dan Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan (AMAN).

"Bapak Ibu yang ada di sini betul-betul relawan. Kenapa betul-betul relawan dan orang baik? karena Capresnya aja belum terdaftar," seloroh Effendi.

Munculnya relawan sebelum ditetapkannya calon presiden oleh KPU dinilai sebagai sesuatu yang lumrah dalam dinamika demokrasi Indonesia.

Tidak selalu harus dimaknai dengan ambisius, kehadiran relawan ini salah satu bentuk inisiasi masyarakat secara sukarela guna menyuarakan hak untuk berpartisipasi dengan berkolaborasi mengusung tokoh politik.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA