Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jutaan DPT Bermasalah, Bawaslu Desak KPU Bikin Forum Bersama Dukcapil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 04 Juli 2023, 12:56 WIB
Jutaan DPT Bermasalah, Bawaslu Desak KPU Bikin Forum Bersama Dukcapil
Lolly Suhenty/Ist
rmol news logo Desakan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) disampaikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), terutama terkait data bermasalah dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 yang jumlahnya mencapai jutaan.

Pelaksana harian (Plh) Ketua Bawaslu RI, Lolly Suhenty, mengatakan, DPT Pemilu 2024 yang ditetapkan KPU, Minggu (2/7), masih memuat data bermasalah, sehingga perlu perbaikan.

“DPT memang sudah ditetapkan, tapi kan dengan catatan. Kemarin kita semua sudah dengar, akan ditindaklanjuti (dengan perbaikan) oleh KPU,” kata Lolly kepada wartawan, Selasa (4/7).

Menurutnya, tindak lanjut perbaikan data pemilih bermasalah dalam DPT harus segera dilakukan secara nyata oleh KPU, jangan sekadar manis di bibir.

“Di forum rekapitulasi kemarin, Bawaslu menegaskan, dapat ditetapkan DPT, tapi dengan catatan, yang belum selesai segera dicarikan kejelasan, dan hasilnya harus disampaikan secara terbuka ke publik,” tuturnya.

Mantan anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat itu menuntut KPU segera memperbaiki data bermasalah, seperti data pemilih tanpa e-KTP yang jumlahnya mencapai 4 juta jiwa.

“Makanya, kemarin kan Ketua KPU menyatakan segera membentuk forum bersama antara KPU Bawaslu dan Dukcapil, nah kita kawal prosesnya, dan tidak boleh terlalu lama,” tutup Lolly.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA